Pishing ( bahasa Indonesia : Pengelabuan ) adalah suatu bentuk penipuan yang dicirikan dengan percobaan untuk mendapatkan informasi peka, seperti kata sandi dan kartu kredit, dengan menyamar sebagai orang atau bisnis yang tepercaya dalam sebuah komunikasi elektronik resmi, seperti surat elektronik atau pesan instan.

Istilah phishing dalam bahasa Inggris berasal dari kata fishing ('memancing'), dalam hal ini berarti memancing informasi keuangan dan kata sandi pengguna.

Ada beberapa cara dalam Menghindari Pishing Antara lain :

  1. Jangan mempercayai setiap peringatan yang Anda baca khususnya peringatan pop-up yang muncul saat Anda sedang menjelajah internet. Perusahaan yang kurang baik menggunakan iklan pop-up untuk menampilkan peringatan palsu tentang komputer Anda. Abaikan saja mereka.

  2. Pastikan situs yang meminta data kita itu merupakan situs yang terpercaya dengan cara melihat addressbar tempat dimana kita biasa menuliskan alamat site yang ingin kita kunjungi. Jika yang tertera di sana adalah alamat situs yang benar maka barulah anda boleh memasukkan data diri anda.

  3.  Lindungi komputer Anda dengan spam filter, anti virus dan anti-spyware software, dan firewall, dan yang up-to-date. Filter spam dapat membantu mengurangi jumlah phishing email Anda.Software Anti-virus, yang memindai pesan masuk untuk file , dan sotfware anti-spyware, yang mencari program-program yang telah terinstal di komputer Anda dan melacak aktivitas online tanpa sepengetahuan Anda, dapat melindungi Anda terhadap pharming dan teknik phishing lain . Firewalls mencegah hacker dan komunikasi tidak sah masuk ke komputer Anda – khususnya jika Anda memiliki koneksi broadband ke internet , karena komputer Anda terbuka ke Internet, setiap kali dihidupkan. Cari program yang update otomatis dan cari patch gratis dari produsen untuk memperbaiki masalah baru yang ditemukan.

  4. Jika seseorang mengkontak Anda dan Anda dikatakan jadi korban dari penipuan, verifikasi identitas orang tersebut sebelum Anda memberikan informasi pribadi. Penerbit kartu kredit dan perusahaan yang sah , menghubungi Anda jika ada pola yang tak biasa yang menunjukkan bahwa orang lain mungkin menggunakan salah satu account Anda. Tapi biasanya mereka hanya meminta jika Anda membuat transaksi tertentu, mereka tidak meminta nomor account Anda atau informasi pribadi lainnya. Badan-badan penegak hukum mungkin juga menghubungi Anda jika Anda telah menjadi korban penipuan. Biar amannya, mintalah nama orang, nama badan atau perusahaan, nomor telepon, dan alamat orang tersebut. Dapatkan nomor utama dari buku telepon, Internet, atau infromasi lainnya, pastikan bahwa orang itu adalah dari lembaga/perusahaan yg sah/asli.

  5. Laporkan phishing, walau anda korban atau bukan. ceritakan perusahaan atau badan yang telah meniru phisher. Anda juga dapat melaporkan masalah ini ke aparat penegak hukum. Informasi yang Anda berikan untuk membantu menghentikan pencurian identitas.
s
Sumber : WikipediaNusaReborn
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar